christinatin

Just another WordPress.com site

Sejarah Lempah Kuning

LEMPAH  adalah Makanan Khas Bangka Belitung yang menjadi makanan sehari-hari masyarakat Bangka Belitung. “Tiada Hari Tanpa Lempah” , sajian di meja makan selalu tersedia. Anda tidak menemukan kata “Lempah” dalam kamus Bahasa Indonesia, juga anda tidak menemukan istilah “Lempah” pada daerah-daerah lainnya. Lempah adalah makanan khas orang Bangka Belitung. Hampir semua orang Bangka Belitung bisa membuat Lempah. Bahkan kaum pria pun bisa melakukannyadengan mudah. Seperti apakah lempah itu? Bagaimana cara membuatnya? Apa rasanya? Apa manfaatnya? Mari kita lihat!

Lempah Makanan KHAS Bangka Belitung Indonesia

Lempah Makanan KHAS Bangka Belitung Indonesia

Lempah pada dasarnya adalah makanan yang terdiri dari tanaman atau tumbuhan, tanpa daging. Namun seiring dengan konsumsi manusia terhadap daging, maka lempah-lempah jenis tertentu pun berisi daging. Lempah itu beranekan ragam, namun BUKJAM memberikan 3 kategori terhadap lempah. Berikut ini adalah tipe, jenis, kategori BUKJAM terhadap Lempah berdasarkan bahan pokok , pertama Lempah Sayur Mayur, kedua Lempah Buah-Buahan dan Ketiga Lempar Daging. Berdasarkan rasa, BUKJAM mengklasifikasikan menjadi 3 jenis , yakni Lempah Asam, Lempah Asin dan Lempah Manis. Perbedaan Bumbu, Bahan dan Pengolahannya menyebabkan rasa yang timbul berbeda pula. Lempah Sayur Mayur dan Buah-Buahan berguna bagi kesehatan manusia. Misalnya lempah katis, lempah Alar keladi, lempah nanas, lempah kulat, lempah nangka, dan sejenisnya memberikan manfaat bagi penurunan tekanan dan lemak darah, menguatkan organ-organ penting dan meningkatkan stamina. Tentunya harus dimasak dan diracik dengan tepat barulah khasiatnya muncul. Tidak disangka lempah yang identik dengan “makanan kampung” ternyata bermanfaat banyak.

Lempah awalnya adalah masakan asli peribumi Bangka Belitung. Juga asli masakan Indonesia. Bukan hanya itu saja, BUKJAM melihat kini Lempah telah menjadi masakan pokok peranakan Tionghoa Bangka Belitung. Orang Tionghoa Bangka melakukan modifikasi dan memberikan variasi baru pada Lempah. Sehingga ada jenis Lempah yang hanya dikenal di kalangan Peranakan Tionghoa Bangka saja. Melihat hal ini, jelas bahwa Lempah adalah Makanan Khas Bangka Belitung. Masakan setiap masyarakat Bangka Belitung didalam kesehariannya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya setiap orang Bangka Belitung menyukai Lempah, memasarkannya ke seluruh Indonesia dan seluruh dunia. Dan jangan lupa untuk mewariskannya kepada generasi mendatang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: